//
you're reading...
Gratisan, Programming, Toko Online Tuts

Membuat Toko Online Dengan PrestaShop

Bagaimana kabar bisnis anda hari ini? Semoga semakin lancar ya. Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana membuat toko online dengan PrestaShop.  PrestaShop adalah salah satu solusi toko online yang sangat diminati saat ini. Menurut statistik, ada lebih dari 100.000 toko di internet yang dibuat dengan PrestaShop ini. Angka tersebut sangat fantastis mengingat PrestaShop baru dilaunching pada tahun 2007.

PrestaShop adalah komponen e-commerce yang bisa digunakan oleh siapa saja dan bersifat open source (gratis). Hampir sama seperti Joomla dan VirtueMart, hanya beda teknologinya. Bagi anda yang ingin belajar membuat toko online dengan Joomla dan VirtueMart bisa membaca tulisan saya disini. Basis pengguna yang besar membuat saya tertarik mengeksplorasi PrestaShop ini dan membaginya dengan anda. Oh ya, pada tahun 2011 lalu PrestaShop memenangkan Open Source Award sebagai The Best Open Source Business Application. Nah, jadi tidak ada ruginya kan belajar PrestaShop ini? Siapa tahu bisnis online anda semakin meningkat. Atau, bagi anda yang belum memiliki bisnis online, siapa tahu menjadi tergerak untuk mulai berbisnis online🙂. Mari kita mulai.

Persiapan
Sebelum melangkah, berikut ini pemanasan yang harus dilakukan

  1. Pastikan anda memiliki webserver dan database server pada komputer/laptop anda. Saya merekomendasikan anda menggunakan XAMPP, sebab anda akan mendapat keduanya dengan sekali install. Tutorial ini akan menuntun anda membuat toko online di laptop/komputer, bukan di website. Instalasi di website akan saya tunjukkan diposting yang lain.
  2. Download aplikasi PrestaShop versi 1.4.6 disini.

Langkah-langkah

1. Ekstrak file aplikasi PrestaShop yang telah didownload, akan muncul folder prestashop.

2. Copykan folder prestashop dan semua isinya ke folder public dari web server anda. Jika menggunakan XAMPP, copykan ke c:\xampp\htdocs.

3. Rename folder prestashop yang sudah dicopy tersebut dengan nama yang mencerminkan nama toko anda (misalnya: tokosaya).

4. Buka web browser anda, lalu akses halaman instalasi dengan mengetikkan http://localhost/tokosaya. sehingga muncul halaman seperti gambar berikut.

5. Kemudian klik Next/Continue. Selanjutnya akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini. Halaman ini mengecek secara otomatis, apakah webserver, PHP dan MySQL database sudah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh PrestaShop.

6.Jika semuanya OK dan ada tulisan “Your configuration is Valid”, maka langsung saja klik Next, sehingga muncul halaman ke-3 dibawah ini.

7. Disini anda harus mengisikan data-data konfigurasi database. Saya mengasumsikan anda sudah bisa membuat database sendiri di MySQL. Jika anda belum bisa membuat database di MySQL, silakan baca tulisan saya disini (http://akhuna.blogspot.com/2012/02/membuat-database-baru-mysql-dengan.html). Isikan user dan password MySQL anda dan nama database untuk aplikasi ini. Ingat, database sudah harus dibuat terlebih dahulu meskipun belum ada isinya. Dalam contoh diatas, saya telah membuat database kosong dengan nama db_prestashop. Sehingga yang harus diisi adalah.

Database Server Name     : localhost

Database Name        : db_prestashop (anda harus buat dulu di MySQL database dengan nama db_prestashop)

Database login        : root

Database password        : [kosong] (atau sesuaikan dgn password anda)Isian yang lain biarkan saja sesuai defaultnya.

Kemudian klik “Verify my database settings”. Jika muncul tulisan “Database is connected”, berarti database anda sudah terkoneksi. Jika ada error, berarti isian informasi anda mengenai database ada yang salah. Kemudian klik Next, akan muncul gambar seperti dibawah ini.

8. Pada halaman ini, isikan nama toko, kategori, negara dan timezone dan isian2 yang lain termasuk email dan password. Jika anda sudah memiliki logo, maka masukkan file gambar logo anda. Jika belum, tidak mengapa, anda bisa memasukkannya nanti. Jika sudah, klik Next.

9. Halaman ini menandakan bahwa proses instalasi telah selesai. Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, hapus dulu folder “install” pada direktori c:/xampp/htdocs/tokosaya/install. Pada halaman ini, terdapat pilihan “Back Office” atau “Front Office”. Pilihan Back Office bertujuan untuk masuk ke halaman administrator, yang berguna untuk pengaturan toko online anda lebih lanjut. Sedangkan pilihan Front Office akan membawa anda ke website toko online anda.

10. Jika anda klik Back Office, maka akan muncul halaman berikut.

11. Selanjutnya isikan email dan password anda, lalu klik Login. Sehingga akan tampil halaman administrasi sebagai berikut.

12. Jika langsung menuju Front Office, maka akan muncul website toko online anda, yang menandakan instalasi anda telah berhasil.

Selanjutnya, jika anda ingin membuka langsung toko online anda dari web browser, masukkan alamat http://localhost/tokosaya (dalam hal ini nama folder prestashop sudah saya rename menjadi tokosaya). Jika ingin melakukan administrasi toko anda, masukkan alamat htpp://localhost/tokosaya/admin, maka akan muncul halaman administrasi seperti diatas.

Halaman administrasi PrestaShop sangat lengkap dan lebih dari cukup untuk mengelola sebuah toko online kecil, menengah bahkan sampai besar. Di bagian dashboard terdapat tampilan summary yang cukup bagus untuk memudahkan pemilik mengetahui total penjualan yang sudah berhasil dilakukan. Selain itu masih banyak lagi menu untuk mengelola toko anda yang bisa anda jajaki satu persatu. Dalam posting selanjutnya saya akan mengeksplorasi fitur-fitur administrasi dalam PrestaShop untuk menunjang operasional toko online yang efektif, sabar ya…

Selamat mencoba…!

Posting ini juga bisa dilihat di http://akhuna.blogspot.com.

About akhuna

Enterpreneur, IT Consultant, Student of ITS Surabaya and Kumamoto University, and a Father of a happy family.

Diskusi

21 thoughts on “Membuat Toko Online Dengan PrestaShop

  1. thanks infonya gan….sukses selalu buat anda…blog wallking sekalian ajak tukaran link..

    Posted by raja game | Februari 9, 2012, 4:29 am
  2. info yang bermanfaat , salam kenal dan sukses selalu utk anda . thanks

    Posted by donny | Februari 21, 2012, 8:15 pm
  3. ada nggak turorial setting back officenya…

    Posted by akhnurhadi | Februari 26, 2012, 3:23 pm
  4. setelah order dan melanjutkan ke pengiriman barang terjadi error setelah menekan tombol “selanjutnya”. Mohon dibantu mas

    Posted by fader | April 23, 2012, 4:35 pm
  5. nice info gan

    Posted by azmi4321 | Juni 14, 2012, 6:50 am
  6. nice info coy…..

    Posted by azmi4321 | Juni 14, 2012, 8:11 am
  7. terima kasih artikelnya, tapi mohon maaf sebelumnya, karena saya sama sekali awam mengenai hal seperti ini. saya sudah berhasil menginstal di http://localhost/presta/install/, tetapi saya belum sempat menghapus/merename ” rename dulu folder install yang ada di Wampp\www\webprestashop(web anda)” saya sudah keburu mengklik “manage my store”, lalu ada tampilan bahwa saya tidak bisa mengakses laman admin selama saya belum mendelete folder instal dan merename folder admin, dan saya harus “datang kembali” dari alamat http://www.domain.tld/admin560, tp tidak terbuka halaman apapun. saya juga masih bingung, mengenai folder yg harus direname/dibuang, apakah maksudnya folder2 yanga dalam folder prestashop yang telah diekstrak di xammp bagian hsdocnya tadi? mohon ditunjukan kesalahan saya dimana supaya saya bisa memanage store saya. Terima kasih sebelumnya. Salam

    Posted by susan | Agustus 2, 2012, 3:40 pm
  8. wah bagus nih.. Patut dicoba..Jangan lupa mampir di situs saya ya, saya jualan sepatu asli buatan indonesia, tapi masi kurang pede ama situsnya, tolong beri masukannya mas

    Posted by BlackMaster shoe | Agustus 27, 2012, 3:12 pm
  9. info bagus buat yang mau buka toko online..🙂

    Posted by zul | September 22, 2012, 12:53 am
  10. kalo ganti template bagaimana caranya mas?

    Posted by ravadesign | Januari 11, 2013, 4:19 am
  11. ada tutorial buat multi store gak?

    Posted by Hadi Purwanto | Januari 28, 2013, 8:27 am
  12. Informasinya ditulis dengan samgat apik semoga saya bisa menirunya. do`akan ya, semoga lancar saya bikin toko onlinenya….

    Posted by Pegilola Suces | Agustus 15, 2013, 3:09 pm
  13. CMS Prestashop merupakan suatu CMS ang mudah dan sangat digemari banyak orang karena menghadirkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para penggunanya

    Posted by toko online | Agustus 19, 2013, 6:18 am
  14. Reblogged this on M2computer.

    Posted by m2computer | Desember 31, 2013, 9:17 am
  15. Bermanfaat sekali. Tks

    Posted by beritabanjarwangi | Januari 30, 2015, 4:03 am
  16. min saya udah selesai proses instalasi dan udah hapus folder istalnya tapi pas saya masuk ke back office hasilnya malah gini http://i60.tinypic.com/2n71erm.jpg
    apa ada yang salah ya?

    Posted by oni timebomb | Mei 15, 2015, 12:46 am
  17. Makasih atas infonya , Aerith

    Posted by John | September 28, 2015, 7:26 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Membuat Toko Online Dengan PrestaShop | Tutorial Wordpress - Mei 18, 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: