//
you're reading...
Selingan, Toko Online Tuts

Toko Online: Nol Kilometer

akhuna toko online nol kilometerSetelah agak lama tidak menulis karena suatu kesibukan, akhirnya sekarang saya balik lagi untuk menulis, dan semoga bisa bermanfaat bagi yang lainnya. Sebenarnya topik tentang toko online ini hanya dimaksudkan untuk selingan saja, karena memang pada saat itu saya sedang membuat toko online saya sendiri yang menggunakan WP. Tapi ternyata tidak disangka, cukup banyak sambutan dari para pembaca. Saya mengucapkan terima kasih karena berarti tulisan saya bermanfaat. Tapi saya juga minta maaf karena tidak bisa merespon pertanyaan-pertanyaan teknis dari pembaca, karena belum ada waktu untuk meng-’oprek’ lebih jauh.

Kali ini saya tidak akan membahas hal teknis, namun hal yang bersifat agak filosofis. Biar dinamis blognya J. Semua berdasarkan pengalaman pribadi ketika membuat toko online. Siapa tahu bisa menjadi masukan buat anda yang ingin memiliki atau hendak akan merencanakan membuat toko online anda sendiri.

Ketika saya membuat toko online untuk pertama kalinya saya tidak yakin bahwa barang yang saya pajang di web akan laku. Serius!. Karena web-web lain yang menjual barang sejenis sudah banyak. Bahkan mereka menjual barangnya dengan harga lebih murah. Dua minggu setelah toko online saya publish, masih tak kunjung terindex di mesin pencari google. Bahkan halaman 10 ke atas pun masih belum ada toko online saya. Sayapun meminta beberapa teman untuk membuka toko online saya dari komputer mereka. Alhamdulillah, minggu ketiga sudah mulai terindex, meskipun di halaman belakang (diatas 5).

Minggu berikutnya saya dapat pembeli, meskipun hanya satu. Minggu berikutnya dua dan seterusnya. Sedikit demi sedikit mulai ada peningkatan baik dari jumlah pembeli maupun volume pembelian. Orang juga mulai mendatangi rumah saya untuk melihat sendiri barang yang menjadi dagangan saya. Kebanyakan mereka datang dari luar kota (saya sendiri tidak tahu, kenapa mereka datang jauh-jauh hanya untuk melihat sendiri barang yang akan mereka beli). Karena mereka datang dari jauh, mereka membeli dalam jumlah banyak.

Saya kemudian berpikir, dari semakin banyak web (puluhan web bahkan ratusan) kok bisa ya para pembeli tersebut memilih membeli dari tempat saya. Padahal tempat saya bukan yang paling murah (maklum karena msh pedagang kecil tidak langsung ngambil ke distributor). Saya temukan jawabannya ketika datang ke pasar. Para penjual buah di pasar buah berjejer-jejer tak terhitung banyaknya. Semua menjajakan barang yang sama. Ada diantara mereka yang menjual murah, namun ada yang menjual lebih mahal. Namun (anehnya), masing-masing mereka mendapatkan pembeli mereka masing-masing. Itu saya simpulkan sebagai azas keadilan dari Tuhan.

Sekarang toko online saya masih jauh dari sebutan besar, karena memang saya sedang merintis. Namun, saya yakin akan prospeknya kedepan. Meskipun sudah beranjak dari nol kilometer, tapi masih belum juga di posisi ratusan kilometer, baru puluhan kilometer. Saya pun berbenah dan terus memperbaiki toko saya. Sekarang saya bisa memberikan harga yang lebih murah daripada yang diberikan oleh pesaing.

Namun, saya ingin anda yang masih ragu bisa segera mengambil tindakan untuk memulai. Mulailah dari sesuatu yang anda bisa dan ada di sekitar anda. Awalnya saya menjual lulur bali, dan batik madura. Semua karena ada teman yang punya barang dan menawari saya untuk menjualkannya. Kini saya hanya fokus untuk menjual batik madura karena pasarnya yang paling kuat disitu.

Jika anda akan memulai, mulailah dari hal yang mudah dan ada di sekitar anda. Dan dari situ anda akan mulai membuat kesalahan (which is good) dan secara bertahap dan terus-menerus anda akan memperbaiki kesalahan-kesalahan itu sehingga pada akhirnya anda akan sukses dengan cara yang benar.

Moral dari tulisan ini adalah, tidak peduli seberapa kecilnya usaha yang anda lakukan, asalkan anda berusaha, Tuhan akan melihat usaha anda dan Dia Yang Maha Adil akan menurunkan rizki dari usaha tersebut.

Dan saya akan berusaha untuk terus memberikan bantuan cara-cara membuat toko online di blog ini. Stay tune…

About akhuna

Enterpreneur, IT Consultant, Student of ITS Surabaya and Kumamoto University, and a Father of a happy family.

Diskusi

25 thoughts on “Toko Online: Nol Kilometer

  1. mana tutorial membuat toko online???

    Posted by iyul | Mei 3, 2010, 8:19 am
  2. Betul Bro..jangan pernah kuatir dengan rezki yang sudah ditetapkanyang Kuasa..
    semog sukses trus bisnisnya ya

    Posted by chokey | Mei 7, 2010, 8:28 am
  3. alhamdulillah, tulisan seperti inilah yang aku tunggu. terimakasih mas akhuna

    Posted by pakemania | Mei 7, 2010, 9:38 am
  4. alamat tokonya dimana mas? sapa tau saya minat mo beli juga barang2 disana …

    Posted by khiang | Mei 7, 2010, 1:05 pm
  5. salam kenal.tulisannya membuat semangat baru untuk memulai membuka toko online.makasih

    Posted by saviacollection | Mei 21, 2010, 5:47 pm
  6. hmm.. azztore-nya pakai model blog biasa mas ? ga pake wp-ecommerce atau wp-eshop ?

    Posted by AndrikPrastiyono.Net | Mei 27, 2010, 9:49 am
  7. Saya terinspirasi dengan tulisan ini, mau minta saran apakah kalau mau membuka toko online harus punya stock barang di rumah/toko ? terima kasih

    Posted by mau belajar | Juli 2, 2010, 10:47 am
  8. terima kasih tulisannya memberi motivasi bagi saya yang akan membuat toko online. doakan bisa segera terealisasi.

    Posted by hariyanto | Juli 2, 2010, 3:55 pm
  9. Wah unik juga tuh…🙂

    Posted by Flashdisk Unik Store | September 2, 2010, 8:12 pm
  10. Terima kasih untuk “semangat”-nya…
    Saya akan memulai bukan dari “nol” tetapi minus malah, lha tokonya sendiri belum ada hehehe. No problem lah ya?
    Salam sukses…

    Posted by Om Kicau | September 16, 2010, 9:06 pm
  11. Makasih dah mau sharing mas…
    Artikelnya benar-benar bisa memompa semangat saya untuk membuat toko online, tadinya sempet ragu takut kalah bersaing dengan yang lain. Tapi sekarang jadi Semangat…!!!!

    Posted by Dewi | Januari 10, 2011, 11:40 pm
  12. I like it nice filosof

    Posted by AriPerwiraCom | Februari 13, 2011, 6:12 pm
  13. oke, tadinya aku juga ragu..artikel ini cukup membawa semangat..berawal dari nol km..

    Posted by 170p3'x | Maret 5, 2011, 8:54 pm
  14. Aslkm,

    Terima kasih pak tulisannya, ini menambah semangat saya untuk segera membuat toko online, saat ini saya masih menekuni dulu bisnis Pay to Click (PTC) . Rencana selanjutnya mau buka web toko online. Jazakallah

    Posted by linda | Maret 7, 2011, 9:46 am
  15. Syukron tulisannya pak , rencana selanjutnya saya mau buat web toko online saat ini masih menekuni bisnis Paid to Click (PTC)

    Posted by PTCBandung | Maret 7, 2011, 9:49 am
  16. you inspiring me… thanks alot gan….

    Posted by azmi | April 23, 2011, 8:53 am
  17. alhamdullillah ada inpo kayak ini, barokallohuma anta

    Posted by Eko Mardi Prasetyo | September 24, 2011, 9:02 am
  18. saya belajar sendiri bikin toko online pake blogspot dengan custom domain …

    Posted by tas artis | Desember 13, 2011, 5:30 pm
  19. “…design website ini menarik juga, suatu saat saya akan kembali lagi. Buat yang ingin memiliki website murah & memuaskan…Silahkan kunjungi jasa pembuatan website di http://www.shop737.com/?id=gunpantau

    Posted by gunadi pemungkas | Desember 17, 2011, 5:54 am
  20. pak,kebetulan saya tahu blog ini dari sebuah buku yang menjadikan blog ini sebagai salah satu referensi,buku itu tentang membuat toko online dengan wp-e commerce,sebetulnya saya masih bingung dan saya coba semuanya mulai dari prestashop yang terkenal di “khususkan”utk toko online,kemudian saya mengalami kesulitan lagi,kepentok sana sini,sedangkan ada banyak dagangan yg buru2 harus saya jual,kemuadian saya pindah lagi ke open cart,saya nggak puas lagi dan referensinya di buku yang saya baca nggak jelas,kemudian saya pindah ke wp-ecommerce,akan tetapi kelamaan ngutak-atik,pas jalan2 kok lihat ada toko online yg di buat pake joomla kok asyik juga ya,tapi ya itu referensinya kurang,saya berharap ada banyak orang seperti bapak yang murah hati berbagi ilmu,semoga bapak akhunaefi selalu di limpahi banyak rezeki karena sudah sudi berbagi ilmu,amin

    Posted by ohiwansan | Oktober 3, 2012, 7:45 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: IT Solution – Toko Online: Nol Kilometer - Februari 1, 2014

Tinggalkan Balasan

