//
you're reading...
Toko Online Tuts

Langkah Pertama Membuat Toko Online

first-step-akhunaNenek moyangnya Tukul pernah bilang, A jurney of thousand miles starts with small first step. Artinya, segala sesuatu yang besar (cita-cita, harapan, dll) selalu dimulai dengan langkah pertama. Tentu, apalah artinya cita-cita setinggi langit kalau tidak pernah ada usaha untuk mewujudkannya.

Pepatah itu juga berarti bahwa melakukan segala sesuatu haruslah jelas tujuannya. Seekor cheetah yang berlari cepat namun tidak tahu tujuan, akan dikalahkan oleh seekor siput yang berjalan lambat namun tahu pasti akan berjalan kemana.

Begitu juga dengan membuat toko online. Harus ada langkah pertama untuk memuainya, seberat apapun langkah tersebut. Itu jika anda benar-benar menginginkannya. Selanjutnya, tugas anda adalah memastikan bahwa kita akan terus melangkah, dan tidak berhenti di tengah jalan.

Nah, dalam hal membuat toko online, langkah pertama itu disebut Perencanaan. Ambillah waktu sejenak untuk merencenakan toko anda, jangan tergesa-gesa dulu untuk segera membuat website sebelum anda memiliki perencanaan yang matang. Perencanaan ini berfungsi untuk membuat toko online anda benar-benar siap untuk dijual, dan bukan toko online yang asal-asalan jadi. Sehingga, jika tiba saatnya membuat display (website) anda tidak akan bolak-balik mengganti contentnya.

Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk perencanaan ini? Dibawah ini jawabannya.

1. Tentukan produk/barang yang akan dijual

Ini adalah masalah mendasar. Alasan utama orang membeli adalah produk, bukan tampilan website atau yang lain. Jadi, pastikan produk anda adalah produk yang dibutuhkan orang. Jika anda belum mempunyai produk, ada banyak cara untuk mendapatkan produk. Bisa dengan membuat produk sendiri, atau dengan cara membeli produk orang lain. Pembahasan mengenai cara mendapatkan produk ini lebih detail akan dibahas dalam posting lain, so stay tune.

Tips cespleng: Jika anda tidak punya modal, gunakan produk orang lain! (tentunya dg sepengetahuan pemilik produk). Lalu tampilkan di website anda. Jika ada yang berminat membeli, baru anda beli produk tsb dari orang pertama. Dengan cara ini, resiko anda sangat kecil bahkan mendekati nol.

2. Tentukan Website Yang Akan Digunakan

Ada banyak pilihan untuk masalah ini. Anda bisa membeli domain dan hosting sendiri atau bisa juga memanfaatkan fasilitas blog atau web gratis atau hanya sekedar mendaftar di direktori bisnis yang banyak tersebar di internet.

Tips cespleng: Jika anda ingin testing pasar untuk mengetahui apakah produk anda diminati atau tidak. Gunakan blog gratisan terlebih dulu. Nanti jika pelanggan sudah agak banyak, dan produk anda sudah teruji anda bisa mulai membeli domain dan hosting sendiri.

3. Menentukan tata cara transaksi

Tata cara transaksi dibagi menjadi 3 urutan aktivitas, yaitu pemesanan, pembayaran dan pengiriman. Metode transaksi yang paling sederhana adalah dengan menggunakan SMS atau email. Namun, ada metode yang lain, pembahasan mengenai ini di posting yang lain. Tunggu aja…

4. Memastikan pengunjung mendatangi website anda

Kalau ini sudah pastilah, siapa yang mau beli kalau website kita tidak ada yang mengunjungi.

Kira-kira seperti inilah perencanaan toko online kita, meskipun tidak harus seperti ini. Bisa ditambah atau dikurangi, tergantung kondisi. Saran saya, pikirkan dan rencanakanlah terlebih dahulu, kalau perlu ambil selembar kertas untuk sekedar coretan rencana anda.

Anda punya tips lain yang belum tercantum diatas?

About akhuna

Enterpreneur, IT Consultant, Student of ITS Surabaya and Kumamoto University, and a Father of a happy family.

Diskusi

11 thoughts on “Langkah Pertama Membuat Toko Online

  1. thanks nih info yang bermanfaat…
    salam kenal

    Posted by seputarfilm | Juli 13, 2009, 6:13 am
  2. informasinya bagus. cuma tolong diberikan proses bisnis dari toko online itu sendiri, agar lebih mudah dalam perancangan dan pengembangannya. gimana boss? soalnya say juga ga tau proses bisnisnya.

    Posted by Teguh | Juli 26, 2009, 1:46 pm
  3. Saya suka tulisan ini, saya tautkan tulisan ini dalam komentar blog saya di Cara Pakai WordPress untuk Jualan Online.
    Ping akan dikirim segera🙂

    Posted by Agus Suhanto | Agustus 18, 2009, 10:58 pm
  4. Saya suka tulisan ini, sy tautkan tulisan ini dalam komentar blog saya di Jualan Online dengan WordPress. Ping bakal dikirim segera🙂

    Posted by Agus Suhanto | Agustus 23, 2009, 2:39 am
  5. tipsnya oke, mas. Aku punya toko online di http://www.dfamous.co.cc, setelah baca artikel mas, baru sadar masih banyak kekurangannya. Kalo mas gak keberatan, mampir ke toko sy dan kasih saran utk perbaikannya. Tks.

    Posted by free tips | Agustus 27, 2009, 10:54 am
  6. Thanks.. aya lagi nyari info tentang cara membuat toko online dengan wordpress

    Posted by Obat Herbal Alami | September 18, 2009, 8:51 pm
  7. setuju,, mari berbisnis dgn jujur
    sudah banyak yg dapat,,,
    ayo siapa lagi yg mau bergabung dan dapatkan banyak wawasan dan juga uang😉

    Posted by uangsuper | Desember 5, 2009, 2:55 am
  8. nice artikel

    Posted by baju baliku | Oktober 23, 2011, 4:39 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Cara Pakai WordPress untuk Jualan Online « Agus Suhanto - Agustus 18, 2009

  2. Ping-balik: Jualan Online dengan WordPress « Agus Suhanto - Agustus 23, 2009

  3. Ping-balik: Magento Commerce untuk Jualan Online « Agus Suhanto - Agustus 29, 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: