//
you're reading...
Selingan

Mahasiswa Anti Korupsi di Paramadina

Tikus dan KejuKebetulan pagi ini melihat obrolan menarik di tvOne. Berkaitan dengan apa yang dilakukan oleh Universitas paramadina. Pihak universitas mewajibkan seluruh mahasiswanya mengikuti mata kuliah Anti Korupsi.

“Universitas Paramadina ingin membangun optimisme dikalangan pemuda bahwa korupsi di Indonesia bisa diberantas, asalkan dengan metode yang benar dan dijalankan dengan konsisten dan terus-menerus”, begitu kata Pak Anis, rektornya.

Selain itu, mereka juga akan mendatangkan para tokoh-tokoh profesional dari kalangan pengusaha, KPK, pengamat dan lain-lain untuk memberikan stadium generale pada mata kuliah ini. Wah, ini baru terobosan nih. Sayangnya, beberapa kalangan menyatakan pesimis dengan terobosan ini. Mahasiswa yang diwawancarai di TV tadi juga mengatakan bahwa mata kuliah ini ngga penting banget. Bahkan, Indy yang mewawancarai tadi juga mengatakan pesimis.

Mestinya, terobosan ini harus disupport meskipun tidak bisa menghilangkan korupsi secara langsung di Indonesia. Minimal good will nya harus kita hargai. Sebab bagaimanapun juga kalau kita menyerah dengan sistem korupsi di Indonesia, maka tamatlah bangsa ini. Harus ada orang terus menyebarkan semangat dan optimisme anti korupsi itu.

Menurut Prof Arif (pengamat pendidikan) yang tadi pagi juga diundang, “Di Indonesia, korupsi ini dilakukan karena 3 alasan, (1) Karena perlu (by need), (2) Karena serakah (by greed) dan (3) Karena sistem (by system)”. Banyak orang yang kemudian tidak berdaya karena berhadapan dengan sistem korup dan akhirnya menyerah dan larut/ikut-ikutan. Wah, ini yang berbahaya.

Hal menarik lainnya adalah bahwa para mahasiswa diwajibkan menulis riset/investigative report tentang kejadian korupsi di sekelilingnya. Mereka misalnya diminta untuk melakukan investigasi terhadap korupsi yang terjadi di jalan raya, dalam proses pembuatan KTP atau SIM, mengamati pungli yang dialami sopir taksi dan angkutan umum, pungli di bandara dan sebagainya. Lewat investigasi itu, diharapkan mahasiswa bisa membuat laporan yang segar, menarik dan faktual.

Hmm… bagus juga, kita doakan aja supaya mata kuliah ini tidak hanya bertahan 1 semester saja, tapi bisa dikembangkan lebih baik lagi. Salut.

About these ads

Tentang akhuna

Enterpreneur, IT Consultant, Student of ITS Surabaya and Kumamoto University, and a Father of a happy family.

Diskusi

6 pemikiran pada “Mahasiswa Anti Korupsi di Paramadina

  1. Sepakat banget. Soalnya sering juga aku denger kabar temen2 yg dulunya aksi-demo bersama bahkan mereka sampe memaki2 yg korupsi, tapi kemudian ketika mereka berada dalam posisi yg memberi kesempatan utk korupsi, lha kok malah ikut larut. Mereka yg lantang bicara anti korupsi memang belum tentu mampu bertahan utk tidak korupsi.

    Posted by Akhmad Guntar | Juli 8, 2008, 7:14 am
  2. Selamat siang dan salam kenal……

    Saya sepakat sekali dengan pemberian mata kuliah anti korupsi kepada masiswa/i di perguruan tinggi. namun nanti bukan hanya sebatas kuliah saja, habis mata kuliahnya hibis pula penerapan anti korupsi oleh mahasiswa naum bisa dibawa sampai memasuki dunia kerja nanti.

    Posted by Rosdi | September 9, 2008, 6:58 am
  3. Demikianlah adanya, namun harus ada diantara rakyat ini yang benar benar berjuang membebaskan negeri ini dari korusi yang telah mengakar. Semoga kita termasuk satu diantaranya

    Posted by lmjaelani | November 24, 2008, 10:47 am
  4. jadi penasaran pengen tahu materinya nih.
    Atau malah jadi boomerang, alias koruptor sudah tahu cara kerja KPK n fren, lalu bikin cara baru untuk korupsi…

    Posted by annasahmad | Juni 9, 2009, 3:35 am
  5. @annasahmad
    Hmm.. masuk akal juga ya. Dengan mengetahui materinya, jadinya bisa diantisipasi.

    @guntar
    sepakat, sampeyan dulu juga ikut demo kan? :D.

    Posted by akhuna | Juni 9, 2009, 4:47 am
  6. Saya mahasiswa Universitas Paramadina angkatan 2010 skrg memasuki semester 4. saya baru saja lulus matakuliah ANTI KORUPSI :)

    Posted by winner fransisca | Januari 21, 2012, 6:59 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: